Minggu, 11 Maret 2012

Siapa bilang nggak boleh pacaran??



Hmm, lagi butuh pembelaan kalau pacaran itu dibolehkan dalam agama?? Mungkin kamu akan mendapatkan jawabanya disini..


Di zaman sekarang ini, lazim rasanya jika seorang remaja pacaran. Bukan, bukan karena pacaran itu satu kegiatan yang positif dan full manfaat melainkan karena hal ini sudah membudaya dan mengakar di sekitar kita. Sehingga tak banyak orang mau menyempatkan diri mengkaji nya lebih jauh. Termasuk mencari jawaban atas pertanyaan besar mengenai bolehkah pacaran dalam islam??
Jika anda bertanya kepada saya, dengan tegas akan saya jawab BOLEH. Yah boleh, siapa melarangnya? Islam tidak pernah melarang pacaran. Kenapa??
mari kita pelajari lebih lanjut..
Kebanyakan Ulama menyebutkan hukum pacaran adalah haram didasarkan atas ayat Allah SWT yang berbunyi :

 "Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang jelek" (Q. S. Al Isra 32)
Ayat ini menjelaskan tentang larangan berzina, bukan larangan untuk pacaran. Jadi atas dasar ayat tersebut kesimpulanya, pacaran BOLEH dengan syarat kamu tidak melakukan zina. Masalahnya adalah, apa kamu bisa pacaran tanpa berzina? Terdengar jawaban serempak : BISA.
Oke lah..mungkin memang kalian hebat, bisa pacaran tanpa zina. Tapi kita intip sedikit yuk, apa itu zina dan apa saja sih bentuk-bentuknya, berdasarkan perkataan Rasulullah :


Nabi  shalallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, yang artinya: “Telah ditentukan atas anak adam bagian zinanya yang tidak dapat dihindari: zina keduamata adalah melihat, zina telinga adalah mendengar, zina lisan adalah berbicara, zina tangan adalah memukul, zina kaki adlah melangkah, dan zina hati adalah menginginkan dan berangan-angan, lalu semua itu dibenarkan (direalisasikan) atau didustakan (tidak direalisasikan) oleh kemaluannya” (HR. bukhori dalam shahihnya no. 6243 dan Muslim no. 2657
Masih bisa, pacaran nggak pake zina?? Yakin??
apa iya kamu bisa nggak saling “pandang-pandangan”, apa kamu bisa pacaran tanpa ngomong sayang-sayangan? apa kamu bisa pacaran tanpa mikirin dia tiap saat (zina hati)?
Jawabanya ada pada masing- masing individu, mungkin setiap individu punya jawaban berbeda. Yang jelas, pacaran ( atau apapun bentuk lain nya) sebagai objek tidak pernah dilarang oleh agama, yang dilarang adalah bentuk kegiatan dan macamnya.

mendulang manfaat, berbagi semangat, mencari maslahat
ltj@perwira


One Response so far.

Leave a Reply

 
 

About Me

Foto Saya
ketika tak satu tempat pun layak untukmu, berusahalah. jangan berhenti pada satu titik melelahkan itu